--> Skip to main content

8 Kunci Sukses Menjual Barang


Sukses Menjual Barang8 Kunci Sukses Menjual Barang|Apa saja sih yang ingin diraih oleh seorang pebisnis toko kelontong? Salah satunya jawabannya adalah ingin sukses menjual barang sebanyak-banyaknya.Yang jadi pertanyaan semudah itukah anda bisa meraihnya?tentu saja tidak Kalau sekedar menjual mungkin bisa anda lakukan tiap hari.Namun agar bisa mencapai jumlah yang maksimal anda perlu memperhatikan beberapa poin penting.Apa saja poin-poin penting itu?Tanpa basa basi inilah poin-poin yang dimaksud:  
1.Harga.Orang selalu mencari harga yang paling murah untuk jenis barang yang sama apalagi sembako walaupun beda Rp.100-200 akan diburu orang.Makanya jangan heran kalau setiap orang yang mau beli hal pertama yang dilakukan adalah bertanya harganya dulu bahkan ada yang sampai menawar.Cara termudah untuk mengetahui apakah harga anda murah atau tidak yaitu apabila banyak pembeli yang menawar.Semakin banyak orang yang menawar,Biasanya dengan ucapan,”Ngak segini(sambil menyebut Harga)…?Biasanya harga anda kemahalan.
2.Ketersediaan stok.Hal ini yang paling penting.Pastikan stok barang anda cukup terutama untuk barang yang mudah laku.Jangan sampai ketika orang akan membeli apalagi langganan anda tapi barangnya habis.Nggak lucu khan ketika anda menawarkan suatu barang namun setelah pembeli cocok tahunya barangnya nggak ada.
3.Pengetahuan Barang.Dengan mengetahui seluk beluk barang yang anda jual mulai dari produsennya,kelebihannya dari merk lain,cara pakai,rasanya,mutunya,promosinya dan lain-lain semakin meperbesar kemungkinan sukses menjual barang.
4.Kondisi Barang.Setiap pembeli selalu menginginkan kodisi barang sempurna,mulus tidak cacat terutama yang berupa makanan harus benar-benar masih layak konsumsi dari kadaluarsanya,utuh atau tidak juga melihat tampilannya apabila tampilannya sudah kucel/kusam/kotor akan membuat pembeli ragu-ragu walaupun kadaluarsanya masih lama.
5.Pelayanan.Setiap pembeli tentu menginginkan penjual memberikan pelayanan yang baik.Mulai dari Ucapan,Cara menyiapkan barangnya,cara menghitungnya,cara membungkusnya,diantar atau tidak ,dipasangin atau tidak(untuk gas).Semaikin baik pelayanan yang diberikan pada pembeli semakin besar peluang suksesnya penjualan.Bayangkan ketika ada pembeli nada bicara anda  judes bisa nggak jadi beli,atau ketika ada orang mau membeli minyak/trigu/gula namun belum dibungkusin,atau ketika melayani pembeli anda terlalu lama bisa-bisa pembeli yang lain nggak jadi beli.Perlu anda ketahui ada tipe pembeli yang nggak sabaran/nggak mau terlalu lama menunggu.
6.Garansi.Maksudnya Bisa ditukar.Untuk barang-barang tertentu terkadang membutuhkan garansi atau bisa ditukar artinya bisa saja barang yang dibeli tersebut tidak cocok,salah ukuran,salah barang atau tidak berfungsi dengan baik.Dengan adanya jaminan barang bisa ditukar lagi semakin memperbesar suksesnya penjualan.
7.Kondisi toko.Setiap toko pasti menginginkan tokonya ramai pembeli namun ada satu kelemahan ketika toko anda ramai yaitu anda tidak mungkin sekaligus melayani pembeli yang datang ketoko anda harus satu-satu khan.Nah…kalau orang yang nggak mau repot bisa saja nggak jadi beli alasannya khan masih ada toko yang lain.
Saya sendiri ketika belanja barang apabila di agen langganan sedang ramai  saya mencari barang ke agen langganan yang lain kecuali kalau barangnya hanya ada di agen itu atau harga yang murah hanya ada diagen itu.
8.Waktu Yang tepat.Apabila anda hendak menawarkan barang perhatikan waktunya.Pilih barang yang sekiranya cocok digunakan/dikonsumsi pada waktu anda menawarkan barang.
Misalnya Ketika cuaca panas cocoknya anda menawarkan minuman,Ketika cuaca dingin anda menawarkan kopi jahe atau Dipagi hari menawarkan beras,di malam hari menawarkan obat nyamuk dan lain-lain.

Ke-8 Poin diatas hanyalah sekedar pengalaman pribadi saya bisa jadi kondisinya berbeda dengan pengalaman anda.
Mudah-mudahan tulisan Saya mengenai 8 Kunci Sukses Menjual Barang bisa membantu dalam meningkatkan penjualan toko anda.

Bagaimana menurut anda?Apakah anda memiliki pengalaman yang lain?Senang sekali jika anda mau membagikannya untuk pembaca Blog BisnisWarung.
Salam Sukses!

Sumber image:http://www.strategystew.com/wpcontent/uploads/2010/08/iStock_000003087297XSmall.jpg
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar